PETUGAS LAPAS KELAS IIA CILEGON CEKATAN DALAM LOMBA KETANGKASAN MEMBUKA GEMBOK  

by

Liputancilegon.com | Cilegon, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon menggelar lomba ketangkasan membuka gembok bagi Petugas Pemasyarakatan, Rabu (21/06) pagi. Kegiatan yang digelar di Gedung Maximum Security ini, diawali dengan apel pagi yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Banten, Masjuno.

Dalam amanatnya, Kadivpas Masjuno menjelaskan bahwa lomba membuka kunci gembok yang digelar secara otomatis terbiasa dilakukan para petugas, karena sudah terinternalisasi dalam pekerjaan kegiatan sehari-hari. Dirinya juga mengimbau kepada para petugas untuk tidak menganggap kecil tugas pengamanan, khususnya dalam membuka dan mengunci gembok.

“Membuka kunci gembok hunian warga binaan diperlombakan, tentunya untuk menguji keterampilan para petugas. Pastinya akan dikerjakan secara otomatis, karena sudah terinternalisasi dalam tugas sehari-hari. Namun, membuka gembok adalah hal yang vital. Pada kondisi darurat, keterampilan tangan membuka gembok menentukan hidup orang lain,” ujarnya.

Sebanyak 8 tim peserta yang setiap timnya terdiri dari 2 orang diikutsertakan dalam lomba ketangkasan membuka gembok kamar hunian di Gedung Maximum Security. Antusias petugas yang menjadi peserta sangat luar biasa. Mereka tampak cekatan dalam membuka gembok, walau harus berlomba menjadi yang tercepat.

Bahkan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim yang saat itu turut mendampingi Kadivpas, Masjuno untuk menyaksikan perlombaan, mengapresiasi kecepatan dan ketepatan petugasnya dalam mengikuti lomba.

“Secara jelas, perlombaan ini memberikan gambaran tentang kualitas, kemampuan dan kecepatan petugas dalam mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban di di dalam Lapas. Melalui lomba ini, para petugas menunjukkan kepiawaiannya dalam penanganan mitigasi petugas pemasyarakatan yang teruji dan disiplin,” jelasnya.

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.