Wali Kota Cilegon Paparkan Inisiatif Smart City di Ajang Nasional

by

CILEGON, Liputan Cilegon.com|  Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, bersama dengan Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian, Agus Zulkarnain, mempresentasikan inisiatif Smart City tingkat Nasional melalui zoom meeting di Ruang Rapat Diskominfo Kota Cilegon pada Kamis, 27 Juni 2024.

 

Dalam kesempatan ini, Helldy menjelaskan tiga infrastruktur utama dalam pengembangan Smart City di Cilegon. “Kami memiliki tiga infrastruktur utama dalam Smart City, yaitu infrastruktur fisik, teknologi informasi dan komunikasi, serta infrastruktur sosial. Kami telah membangun pabrik pengelolaan sampah untuk menangani masalah persampahan di kota ini. Selain itu, kami juga membentuk Computer Security Incident Response Team (CSIRT) untuk pengamanan siber dan telah memasang CCTV serta Wi-Fi publik di 43 kelurahan, bahkan hingga di atas gunung. Kami juga menerapkan penerangan jalan tenaga surya yang kami sebut Cilegon Caang,” jelasnya.

 

Helldy juga menyoroti Smart Governance yang telah diterapkan di Cilegon. “Kami memiliki empat poin utama dalam Smart Governance, yaitu program Sandang Gratis yang merupakan inovasi layanan dokumen kependudukan yang diantar langsung secara gratis, Layanan Jempol dan Konstan terkait perizinan usaha, aplikasi terpadu Inter C dan Wakeh Info serta WA bot, dan penggunaan tanda tangan elektronik untuk memudahkan proses pelayanan publik,” ujarnya.

 

Selain itu, Cilegon juga menjalankan kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam Smart Living. “Koordinasi masyarakat mengenai kesehatan, bencana, dan sosial dapat langsung diintegrasikan melalui layanan 112 dan satu komando pada ruang Command Center,” terangnya.

 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas PUPR Kota Cilegon, Dendi Rudiatna, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Drg. Ratih Purnamasari, Kepala Dinas Koperasi dan UMK Kota Cilegon, Didin S Maulana, serta perwakilan OPD terkait di Kota Cilegon.( Febby/red )

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.