Purwakarta

Tradisi Ngunduh Mantu, Aksi Pencaksilat Bandrong Jaya Kubang Lampit Dan Atraksi Debus Banten Dipamerkan

Post - 09:22 Senin 09 Januari 2023

Liputancilegon.com | Cilegon – Persatuan pencaksilat bandrong jaya Kubang Lampit dan kesenian budaya debus Banten pimpinan Sufiyadi mengadakan atraksi Debus, di acara ngunduh mantu pernikahan Rendi dan Delima, yang bertempat di Lingkungan Penyairan rt,02rw,08 Kelurahan Kota Bumi Kecamatan Purwakarta, pada Minggu.(08/01/2023) malam.

Dalam acara ngunduh mantu, yang di meriahkan oleh atraksi – atraksi debus, para pesilat dan pegiat debus memamerkan keahilanya masing-masing di hadapan Saibul Hajat dan di saksikan masyarakat lingkungan penyairan dan kasepuhan Banten.

Dalam kesempatan itu, Pelatih Padepokan Bandong Jaya Warsoni, memberikan dukungan dan memberikan semangat, untuk para pelaku pencasilat dan debus Banten.

“Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan saya megapresiasi bahwa kesenian kebudayaan pesilat dan debus bandrong agar tetap bertahan dan di kembangkan lebih jauh lagi, supaya seni kebudayaan bandrong jaya ,dapat berkembang sampai luar daerah, imbuh pelatih padepokan Wasroni,

 

Semntara itu, Armadi selaku bendahara Padepokan Bandrong jaya mengatakan, “Kesenian pencasilat dan debus, adalah marwah sebuah perguruan yang harus berpedoman Pancasila, dalam mengembangkan putra dan putri di kesenian budaya pencasilat bandrong jaya, karna kesenian budaya debus Banten ini sudah maju dan di kenal di hati masyarakat, sampai di kenal di mancanegara, “imbuh Armadi.

Ketua Bandrong Jaya Sufiyandi di sela acara megatakan, “Sebagai putra banten kita lestarikan kesenian budaya Banten agar pencipta dan perintis dari pendahulu bangga, “tuturnya.

“Bersatu nya pegiat dan pelaku kesenian debus Banten tersebut, karna ingin kesenian debus Banten lebih di kenal dan di cintai oleh masyarakat luar daerah bahkan Luar Negara, “Pungkas ketua padepokan Bandrong Jaya Sufiyandi

Acara nguduh mantu berjalan lancar dan kondusif, kedua mempelai meraskan kebahagiab yang tak terkira, (Sairi/Romli-red)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
https://liputancilegon.com/