Berita Terkini

Tengok Keseruan POKTAN Kelurahan Lebak Denok, Panen Melon Golden Bersama Walikota Cilegon

Liputancilegon.com

Liputancilegon.com | Cilegon – Pemerintah Kelurahan Lebak Denok melalui komoditas pemuda tani (POKTAN), panen melon golden dengan luas lahan 3000meter di Link. Kapudenok Akil, Kamis (28/07/2022).

Golden melon merupakan jenis melon tidak berjaring atau memiliki kulit yang mulus dan berwarna kuning, dengan warna daging buah bervariasi dari putih hingga oranye. Berbeda dengan melon biasa, golden melon terlihat eksotis dengan daging cenderung bertekstur lebih renyah, manis dan segar.

Dalam kegiatan panen melon golden turut di hadiri oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian, Dinas Pertanian Kota Cilegon, Camat Citangkil, Lurah seKecamatan Citangkil, Tokoh masyarakat, Rt/rw, Kader dan seluruh angota poktan Kelurahan Lebak Denok.

Salah satu petani yang konsisten membudidayakan golden melon di Kota Cilegon Link Kapudenok akil Rt05/03 adalah Pemuda Tani (POKTAN) Mas Bram,”Dari luasan 700 meter lahan budidaya melon golden dapat diproduksi rata-rata kurang lebih 1ton perpanen,”Kata ketua POKTAN Mas Bram.

Di tempat yang sama usai petik melon golden dan santap siang Lurah Lebak Denok Hikmat menyampaikan.”Kami dari Kelurahan sangat mendukung sekali dan sanggat senag sekali dengan adanya kelompok tani (poktan), ini Menjadi inspirasi edukasi bagi masyarakat Cilegon khususnya Kelurahan Lebak Denok untuk terus tumbuhkan dan berkembang di bidang Pertanian atau umkm.”Terang Hikmat.

Selanjutnya kedepan Lurah Lebak Denok akan mendorong dan mensuprt dari sektor Umkm.”Jadi kita dorong juga untuk UMKM tunggu akan ada gelombang 1 gelombang2 dan seterusnya, kami juga dari beberapa hal itu sudah mensuport.”Paparnya.

Hikmat mengakui, kalau Poktan Lebak denok saat proses penanaman melon golden tesebut ada bantuan.”Pemerintah juga memberikan bantuan berupa pupuk dan obat – obatan. Ada berupa pupuk organik dan obat – obatan dari pemerintah ketika masuk poktan harganya jauh lebih rendah dan terjangkau.”Imbuh Hikmat

Golden melon saat ini sangat di gemari masayarkat dengan rasa yang khas dan manis, tentunya untuk pemasaran pun mudah, poktan Lebak Denok saat panen selalu kebanjiran pembeli baik dari masyrakat setempat ataupu pembeli dari luar.” Untuk pemasaran sendiri melon ini banyak di minati masyarakat. Sebelum di jual k pasaran melon ini udah di serebu warag, jadi warga sekitar itu langsung datang kelokasi.”Ucap Lurah Hikmat dengan nanda bangga sekaligus seang dengan keberhasilan Petani POKTAN.(*/Reza-red).

 

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
https://liputancilegon.com/