Salman Ubah Mindset Sampah Bukan Lagi Masalah, Tapi Sampah Menjadi Rupiah

by

CILEGON – Berawal pernah mengalami kebanjiran di permukimannya, salah satu pegawai Kecamatan Cibeber Salman sejak empat tahun lalu mengajak sejumlah elemen masyarakat untuk menggaungkan Gerakan Bersih Bersama Solusi Daur Ulang (Geber Sidalang).

“Melalui Geber Sidalang ini, kita ingin mengubah mindset masyarakat yang tadinya sampah menjadi masalah, kita ubah mindsetnya sampah menjadi rupiah,” terang Pengelola Geber Sidalang, kepada liputancilegon.com, Sabtu, 10 Juni 2023.

Salman mengaku bergerak sejak empat tahun lalu, kini ia sudah memiliki pelanggan sebanyak 2ribu KK.

“Itu mayoritas di Kota Cilegon. Tapi ada juga yang di Kabupaten Serang,” ujar Salman.

Sementara ini, kata Salman masyarakat yang sudah mempunyai sampah tinggal telepon saja kepada pihaknya jika memang sudah penuh atau banyak.

Namun demikian sampai saat ini, gerakan yang dibangun dan digagas bersama Geber Sidalang belum dilirik pemerintah daerah.

“Tapi Alhamdulillah, sudah ada yang mau berdonasi untuk kepentingan para karyawan. Karena Geber Sidalang ini sudah mempunyai 5 orang yang menggerakkannya,” imbuh Salman.

Salman berharap, meski gerakannya belum terlalu besar, paling tidak bisa berkontribusi mengurangi sampah di kota baja. (rul/red)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.