PRABOWO MENURUT PEMUDA

by

Prabowo Subianto adalah seorang politikus dan mantan perwira militer Indonesia yang memiliki latar belakang karier militer selama 28 tahun sebelum terjun ke dunia bisnis dan politik. Beliau pernah mencalonkan diri sebagai calon presiden dalam beberapa pemilihan umum, termasuk pada Pemilu 2019 dan 2024. Saat ini, Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI dan Ketua Partai Gerindra.

Pada aspek politik, Prabowo didukung oleh sejumlah partai politik, termasuk Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, dan Partai Garuda. Dalam beberapa tahun terakhir, Prabowo Subianto menjadi sosok kontroversial, terutama terkait dengan isu-isu kekerasan dan genosida di Timor Timur.

Meskipun kontroversial, Prabowo Subianto memiliki dukungan yang signifikan dari kalangan generasi muda Indonesia, terutama Generasi Z dan milenial. Beberapa faktor yang memengaruhi kepopulerannya di kalangan Gen Z termasuk perubahan cara pendekatannya yang lebih merangkul generasi muda, terutama melalui media sosial.

Generasi Z dan milenial memiliki preferensi terhadap Prabowo Subianto karena ia merupakan pejabat rakyat. Anggapan ini sangat populer di kalangan anak muda Indonesia. Karena mencerminkan pemimpin yang mengutamakan kepentingan rakyat, bukan partai atau kelompok tertentu. Sebagai pelayan publik, Prabowo menyatakan hanya akan menuruti keputusan rakyat. Pemilih pemula mudah dipengaruhi oleh orang terdekat seperti anggota keluarga dan juga sosial media. Pemilih muda merupakan tipe pemilih unik yang memiliki keunggulan akses luas terhadap komunikasi massa dan media sosial dibandingkan generasi tua.

Prabowo Subianto dianggap memiliki visi untuk memajukan Indonesia, termasuk memperkuat ideologi Pancasila, demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan, kesehatan, dan pertahanan keamanan negara. Selain itu, ia memiliki program ekonomi untuk masyarakat dasar, termasuk bidang kesehatan, pendidikan, perumahan, kebutuhan dasar, dan dukungan untuk usaha.

Dalam persiapan menuju Pilpres 2024, Prabowo Subianto mendekati generasi muda dan menunjukkan komitmennya untuk melanjutkan program Presiden Joko Widodo. Ia memiliki sejumlah program yang mendukung kaum muda, seperti pengembangan industri kreatif dan memberikan wadah bagi pemuda untuk berkontribusi dalam politik. Prabowo mengatakan, pemuda adalah harapan kita semua. Generasi muda adalah harapannya. Prabowo meminta generasi muda bisa meyakinkan masyarakat bahwa pasangan Prabowo-Gibran adalah pasangan yang akan menciptakan perekonomian negara dan menuju Indonesia emas. Gibran Rakabuming Raka menjadi peran penting bagi Prabowo Subianto untuk meraup suara pemilih milenial dan generasi Z pada pilpres 2024. Perbedaan latar belakang usia membuat Gibran lebih mampu memahami tren isu yang berkembang dikalangan para pemuda.

Memiliki dukungan kuat, Prabowo Subianto tidak luput dari narasi negatif, terutama terkait dengan isu-isu kontroversial di masa lalu. Meskipun begitu, pandangan positif terhadapnya tetap ada di kalangan masyarakat Indonesia. Partai Gerindra, yang didirikan oleh Prabowo, mendorong kader dan pendukungnya untuk fokus pada pemenangan Prabowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Prabowo memiliki pengalaman yang luas di bidang militer dan politik, sehingga dianggap mampu memimpin Indonesia dengan baik. Prabowo memiliki visi dan misi yang sesuai dengan kebutuhan generasi muda Indonesia di masa depan, seperti memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia, memajukan pendidikan, memperkuat sistem kesehatan, memperkuat sistem pertahanan keamanan negara, dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru. Prabowo dianggap peduli dengan pertanian Indonesia dan gagasan kedaulatan pangan Prabowo menjadi inspirasi bagi organisasi Pemuda Tani Indonesia. Meskipun demikian, pandangan positif terhadap Prabowo Subianto masih perlu ditelusuri lebih lanjut dan dapat berbeda-beda di kalangan masyarakat Indonesia.

 

 

Oleh: Naufal Abdullah

Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Prodi Ilmu komunikasi

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.