Berita Terkini

Polres Lebak Gelar Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2023*

Kamis 1 juni 2023

Liputancilegon.com/Lebak. Polres Lebak Polda Banten menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di Lapangan Mapolres Lebak. Kamis (1/6/2023).

Sebagai Inspektur Upacara Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH didampingi Wakapolres Lebak Kompol Arya Fitri Kurniawan, SIK, SH dan diikuti oleh Para PJU, Personil Polres Lebak dan ASN.

Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH dalam amanatnya mengatakan,
“Keberadaan Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara,” tutur Wiwin.

“Pancasila sebagai dasar dan
ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai“bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ungkapnya.

“Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar
negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” terang Wiwin.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus
dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia, Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” tambahnya.

“Terakhir kami mengajak kepada
seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita, Semoga melalui
peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan,dan
menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,” tukas Wiwin. (Badri)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
https://liputancilegon.com/