Peresmian Saung Nila Karang Taruna Desa Pejaten Sistem Bioflok dipastikan 90% Panen Raya

by

Liputancilegon.com | kab, Serang – Karang Taruna Desa Pejaten Kec. Kramatwatu pada hari Senin 29 Agustus 2022 resmi melaksanakan pembukaan peresmian program ketahanan pangan Desa Pejaten untuk Budidaya Ikan Nila Sistem Bioflok di wilayah Blok F Komplek Media Raya Desa Pejaten.

Agenda pembukaan ini dihadiri oleh unsur Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Serang Ibu Noor Amalia, S.Pi, dari Pemerintah Kecamatan dihadiri oleh Camat Kramatwatu pada agenda Sosialisasi, Bpk. H. Wawan Setiawan yang dibuka langsung oleh beliau, Kepala Desa Pejaten Bpk. H. Ahmad Rofei dan ketua RT/RW sedesa Pejaten.

Pada agenda Sosialisasi dan Pembinaan, Ibu Noor Amalia menjelaskan bahwa “pada program ini harus perlu ada upaya kerjasama yang baik dalam membangun ekonomi desa, salah satunya yang sedang dijalankan oleh Karang Taruna Desa Pejaten ini tidak bisa main-main, dari segi pemberian makan, melihat kadar air, menghitung berat ikan, dll sehingga kita dapat mengetahui dan mewaspadai dari apa yang tidak kita inginkan, kita harus punya pasar, apabila panen raya, sudah seharusnya mempersiapkan produk hasil panen ke pasar-pasar”.

“Program ini dianggarkan sebanyak 20% dari dana Desa, harus dipertanggungjawabkan dengan baik, dan saya yakin program Desa Pejaten jika dengan karang taruna, bisa mengelola dengan baik” imbuh bu Tati mewakili Kecamatan Kramatwatu.

Selepas pada pemaparan materi, para tamu undangan melihat langsung kelokasi Saung Nila program yang dijalankan oleh Karang taruna. “kami Karang Taruna mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak kepala desa, sudah mempercayai program ini kepada kami dalam pengelolaannya, karena pada usia kami yang masih terbilang muda, kami belum ada pengalaman, masih perlu bimbingan dan masih pada tahap belajar, prinsip saya kepada pengurus bahwa jika program yang diberikan ini serius kita akan ambil, jika hanya untuk main-main mending tidakusah, apa lagi dengan dianggarkannya dana pemerintah, akan besar tanggung jawab dan resikonnya untuk pengelolaan ini dalam upaya bersama meningkatkan ekonomi desa” ucap Agung Ketua Karang Taruna Pejaten.

“Seharusnya ini peranan dari BUMDEs, namun kami siap gak siap, jika itu perintah langsung kepala desa kepada kami, kami selalu siap pak, mau siang malam kami siap, dan tidak hanya itu, kami terbuka bagi siapapun warga desa Pejaten yang ingin belajar mengenai program ini, jika sudah berjalan kita agendakan untuk bagaimana berbicara ekonomi desa kedepan” imbuhnya.

Acara ini diresmikan langsung dengan pemotongan pita oleh Bpk. H. Ahmad Rofei didampingi oleh Ibu Noor Amalia dan Ibu Tati
Dengan dilangsungkan penebaran bibit ikan, penaburan pakan dan penyerahan SK Kelompok Pengurus dalam pengelolaan Program Ketahanan Pangan Desa Pejaten.(red*/)

Reporter: Sumarga

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.