Peran ICMI Banten Sebagai Problem Solving dan Solidarity Maker

by

SERANG – Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Provinsi Banten menghadiri Silaturahmi Kerja Nasional (SILAKNAS) yang digelar di Four Point Sheraton Hotel, Makasar, Sulawesi Selatan, 02 sampai 05 November 2023.

Wakil Ketua ICMI Banten Asep Abdullah Busro mengatakan, pada kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan Nasional Leadership Camp yang menghadirkan pemateri yaitu Menkopulhukam Mahfud MD, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, dan para Dewan Pakar ICMI

“Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan progress report kepengurusan Majelis Pengurus Pusat ICMI dibawah kepemimpinan Prof Dr Arief Satria selaku ketua umum dan pandangan Orwil ICMI Provinsi se-Indonesia. Sedangkan dari Banten kita ada 8 orang yang menghadiri SILAKNAS, diantaranya saya selaku Wakil Ketua ICMI Banten, ada Sekjen ICMI Banten yaitu Rohman dan Ketua ICMI Orda Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten,” kata Asep kepada sinarpenanews.com, Senin, 5 November 2023.

Selain itu kata Asep,dalam SILAKNAS tersebut,pihaknya menyampaikan juga jika ICMI Banten telah meningkatkan peran dan kontribusinya dalam mendukung pembangunan nasional dan pembangunan daerah Banten antara lain dengan melaksanakan fungsi dan peran sebagai organisasi problem solving yaitu mengatasi berbagai persoalan yang berkembang di masyarakat yang dikaji dan dicarikan solusinya melalui berbagai pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD).

“ICMI Banten juga telah memainkan peran strategis sebagai organisasi solidarity maker dalam bentuk silaturahmi dan sinergi dengan berbagai elemen masyarakat agar dapat terbangun soliditas dalam mendukung berbagai kebijakan dan program yang dilakukan Pemprov Banten,” katanya.

Lebih lanjut kata Asep, dalam melakukan akselerasi pembangunan di Banten, ICMI Banten telah menerapkan serangkaian program pengabdian masyarakat antara lain pembinaan terhadap masyarakat di Pulau Tunda dalam bentuk penyuluhan hukum,kesehatan, pembagian pakaian dan mushaf Alquran.

“Serta melakukan pembinaan terhadap generasi muda dengan melaksanakan Ramadan Leadership Camp yang diikuti oleh perwakilan pelajar SMA/SMK sederajat dan mahasiswa se-Provinsi Banten,” ujar Asep.

Kemudian dia, rangkaian acara puncak SILAKNAS ICMI ditutup dengan penyampaian visi dan misi para calon presiden yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto,dan Ganjar Pranowo.

“Pada gelaran pemilu tahun depan, ICMI berharap terjadi kontestasi yang fair. Selain itu pemerintah harus netral, partisipasi masyarakat meningkat, serta pemilu dapat dilaksanakan dengan baik oleh KPU dan Bawaslu. Sehingga terpilih presiden dan wakil presiden yang dapat membangun kejayaan bangsa dan mensejahterakan rakyat,” tandasnya. (rul/red)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.