Penilaian SPBE Ditargetkan Naik

by

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon, melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Cilegon, bekerja sama dengan USAID ERAT, mengadakan Workshop Penilaian Tata Kelola dan Kebijakan Layanan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Acara ini diadakan di The Royal Krakatau pada hari Rabu, 5 Juli 2023.

Workshop ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Maman Mauludin, yang juga membuka kegiatan tersebut. Peserta yang hadir mencapai 65 orang, berasal dari berbagai Perangkat Daerah di Kota Cilegon. Tujuan utama workshop ini adalah menciptakan tata kelola pemerintahan yang transparan dan responsif, dengan menyediakan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu, workshop ini juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Maman Mauludin, menekankan pentingnya pengembangan sistem pelayanan berbasis elektronik yang efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“SPBE ini menjadi salah satu instrumen sangat penting untuk menyediakan pelayanan yang cepat, transparan, dan terjangkau bagi masyarakat.”

Maman juga menyatakan, komitmen Pemkot untuk terus meningkatkan dan menyempurnakan kualitas pelayanan publik berbasis digital dan elektronik, terutama dalam hal pelayanan digital yang telah ditetapkan oleh USAID ERAT.

Ia menegaskan, bahwa dari 47 indikator yang telah ditentukan oleh USAID, hanya tinggal 11 indikator lagi yang harus dievaluasi, diperbaiki, dan disempurnakan.

Maman optimis bahwa pihaknya akan berhasil menyempurnakan ke-47 indikator tersebut, sehingga semua layanan di Kota Cilegon dapat beralih ke sistem digitalisasi dan elektronik.

“Layanan digitalisasi ini dapat mempermudah kita, bahkan dalam sistem lelang pun nanti akan sangat mudah, serta dalam realiasi anggarapun tidak akan terganggu. Saya optimis bisa menyempurnakan 47 indikator layanan digital yang telah ditetapkan oleh USAID, sehingga indeksnya nanti akan meningkat dari 2,1 menjadi 3.”

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi dan Informatika Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Cilegon, Tubagus Sofat, mengumumkan bahwa workshop tentang tata kelola dan kebijakan layanan SPBE akan berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 5 hingga 6 Juli 2023.

“Narasumber dalam workshop ini berasal dari Tenaga Ahli USAID ERAT, dan akan ada diskusi serta verifikasi dokumen,” ujarnya.

Sofat berharap, bahwa workshop ini akan memberikan manfaat yang nyata dalam upaya meningkatkan tata kelola dan kebijakan layanan SPBE di Kota Cilegon.

“Semoga workshop ini dapat mendorong implementasi pelayanan digital di seluruh instansi Pemerintah Kota Cilegon, mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, hingga Perangkat Daerah,” harapnya.

Kata dia, workshop tersebut juga dilakukan sebagai evaluasi penilaian tahun lalu. Ini dikarenakan pada tahun lalu SPBE Pemkot mendapatkan nilai 2,5.

“Tahun ini harus naik menjadi 3. Dan itu kita optimis,” tandasnya.(rul/red)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.