IndustriPemerintahanUncategorized

Pemerintah Cilegon Optimis, Maggot Lalat Hitam Bisa Atasi Sampah

Pemkot Tangerang terus mencari solusi untuk mengatasi sampah di Kota Tangerang. Hal tersebut agar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing tidak mengalami kelebihan kapasitas. Pasalnya, Kota Tangerang merupakan Kota urbanisasi dimana banyak pemukiman yang menimbulkan sampah rumah tangga yang cukup banyak.

Salah satunya yakni dengan memanfaatkan Biokonfersi sampah melalui maggot atau larva Lalat tentara hitam atau Black Soldier Fly (BSF) yang bisa mengurangi sampah organik sejauh tahun 2020 silam. “Maggot ini sedang kami manfaatkan karena mampu membantu pengurai atau mendaur ulang sampah organik,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman.

Sekda memaparkan, Kota Tangerang memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.834.962 jiwa, dan menghasilkan 1.846 ton sampah rata – rata perhari.

“Dalam pengolahan sampah tersebut kami mempunyai Bank sampah, TPS3R dan TPS, sampah tersebut akan dipilah terlebih dahulu mana yang bisa diolah dan didaur ulang sisanya dikirim ke TPA,” terang Herman.

Adanya inovasi tersebut pun membuat Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta dan Sekretaris Daerah Maman Mauludin tertarik ingin melakukan hal serupa di Kota Cilegon. Hal tersebut diucapkannya saat melakukan kunjungan dari Pemerintah Kota Cilegon dalam rangka alih pengetahuan serta pengalaman antar aparatur pemerintah terkait pengelolaan sampah dan kebersihan kota.

“Ini sangat bagus sekali kalau kita terapkan di Kota Cilegon,” tutur Sanuji.

Ia pun mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan Pemkot Tangerang dalam pengolahan sampah, terutama dirinya tertarik dengan teknik pengolahan sampah menggunakan maggot yang telah dilakukan oleh Pemkot Tangerang.

“Selanjutnya kami akan melakukan komunikasi lebih intens dengan Pemkot Tangerang terkait ketertarikan kami dalam membudidayakan maggot untuk pengolahan sampah,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button