Panen Perdana Ubi Jepang, Lapas Cilegon Hasilkan Bibit Wirausaha Bagi Warga Binaan

by

Liputancilegon.com | Cilegon – Meski sedang menjalani masa hukum pidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), namun para warga binaan masih mendapatkan edukasi dan melakukan aktifitas positif. Seperti yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon saat berhasil menggelar Panen Perdana Ubi Jepang, Kamis (01/09).

Panen perdana ini digelar bersama PT Glori Karsa Abadi, selaku pihak ke-3 yang memberikan pembinaan kepada para warga binaan untuk dapat membudidayakan Ubi Jepang. Kegiatan dipimpin langsung oleh Kalapas Sudirman Jaya, di lokasi bercocok tanam yang memanfaatkan lahan kosong seluas 2.000 meter persegi di sekitar Lapas.

“Ini menjadi tonggak awal bagi para warga binaan, agar nanti mereka menjadi insan yang berguna di tengah Masyarakat. Hasil panen ini menjadi bukti, bahwa warga binaan kami dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari, selama menjalani masa hukum pidana di Lapas Cilegon,” ujar Kalapas.

Sejalan dengan Kalapas Sudirman Jaya, Direktur PT Glori Karsa Abadi, Toha berharap pelatihan yang diberikan dapat menjadikan warga binaan untuk menjadi manusia yang mandiri, dan dapat berwirausaha dengan kemampuan yang dimiliki saat mereka bebas nanti.

“Ini komitmen kami untuk mendukung kegiatan pembinaan di Lapas Cilegon, Semoga edukasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi warga binaan, sehingga ketika mereka bebas dapat mengaplikasikan ilmunya di tengah masyarakat,” harapnya.

Tak sedikit produk yang dihasilkan di Lapas Cilegon, dari tangan-tangan warga binaan. Bahkan dari mereka yang tak pernah memiliki keahlian di bidang serupa. Berbagai macam produk telah tercipta. Selain hasil bumi seperti sayur dan buah, berbagai jenis ikan juga dibudidayakan. Tak hanya itu, mulai dari beraneka ragam kuliner hingga pernak-pernik dan pajangan karya warga binaan juga telah dipamerkan dan dipasarkan.(*/red).

Sumber : Humas

Reportase: Neni

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.