Libur Nataru 2023, Wisatawan Domestik Dan Mancanegara Di Selat Sunda di Harap Tidak Terhasut Berita Hoax

by

Liputancilegon.com | Banten,- Para pengusaha hotel maupun restauran serta usaha kecil dan mikro lainnya, serta masyarakat di pesisir pantai, berharap saat Liburan Natal dan Tahun Baru 2023, bisa meraup rezeki yang berlipat, dengan banyaknya wisatawan domestik maupun mancanegara yang membanjiri kawasan pantai Selat Sunda.

Biasanya jelang Libur dan Tahun Baru Sebelum terjadi tsunami, 22 Desember 2018, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang membanjiri kawasan pantai Selat Sunda, dari mulai Anyar, Cinangka, Carita, hingga Sumur Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang, Kondisi itu, berimbas pula pada perekonomian pelaku usaha kecil, mikro dan memengah serta masyarakat yang ada di sepanjang pantai Selat Sunda, karena hunian hotel, villa maupun resort, serta pesisir pantai dipadati oleh para wisatawan

Namun, pasca tsunami 22 Desember 2018, yang melanda kawasan pesisir pantai Selat Sunda, mulai dari kawasan Anyer, Cinangka, Carita hingga Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, membawa dampak buruk bagi destinasi wisata pantai Selat Sunda. Badai tsunami yang memporak-porandakan wilayah panta Selat Sunda itu menjadi traumatik dan sangat menghantui masyarakat di sana.

Kondisi itu kerap dimanfaatkan oleh penyebar berita hoax yang tidak bertanggung jawab, seolah tragedi itu bakal terjadi lagi tanpa di dukung oleh data-data dan fakta yang valid serta bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah dampak adanya issue/ berita hoax tersebut menimbulkan ketakutan kepada masyarakat disepanjang pesisir pantai serta para wisatawan yang akan berlibur ke pesisir pantai Selat Sunda, secara ekonomi, tentu saja hal itu akan sangat berpengaruh terhadap para pelaku usaha kecil, mikro maupun menengah serta masyarakat di sepanjang pesisir pantai.

Momentum tahun baru 2023 ini diharapkan ekonomi masyarakat pesisir dan para pelaku usaha kecil, mikro maupun menengah akan pulih seperti semula. Sebab, masyarakat dan para pelaku usaha, sejatinya tak perlu merasa gamang dan gundah-gulana, apalagi menanggapi berita hoax yang sumbernya tak bisa dipertanggung jawabkan tersebut. Ekonomi masyarakat pesisir dan para pelaku usaha harus pulih dan kuat.

Sehingga arus kunjungan wisatawan tahun baru 2023, kembali melonjak untuk menikmati indahnya panorama destinasi wisata pantai Selat Sunda, diharapkan akan berdampak positif bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Provinsi Banten.( Red & tim)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.