Launching Program Satu Pelajar Satu Rekening, Wali Kota Helldy Terus Fokus Benahi Pendidikan Cilegon

CILEGON , Liputancilegon.com |Wali Kota Cilegon Helldy Agustian terus berkomitmen untuk fokus melakukan pembenahan bidang pendidikan di Kota Cilegon. Hal itu juga terungkap pada acara Launching Program Baru Satu Pelajar Satu Rekening yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon dalam Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Halaman Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Kamis 4 Juli 2024.

 

“Dari awal kepemimpinan kami, Kota Cilegon hanya dengan waktu 4 bulan kami telah membangun 4 SMP Negeri baru, 2 diantaranya pada wilayah yang tidak ada SMP sama sekali sebelumnya. Kami juga telah menggratiskan LKS untuk SD dan SMP di Kota Cilegon, bahkan kami tegaskan dengan mengirim Inspektorat jika masih ada sekolah yang meminta uang LKS,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian

 

Selain itu, tambah Helldy, program beasiswa Full Sarjana yang telah diluncurkan juga telah banyak membantu mahasiswa dari Kota Cilegon. “Program Beasiswa Full Sarjana Kota Cilegon juga telah diberikan pada sekitar 3.000 mahasiswa dari Kota Cilegon, bahkan sampai 4 mahasiswa telah kami kirim ke luar negeri, 3 orang ke Mesir, dan 1 orang ke Yaman,” tambahnya.

 

Dalam hal ini, Helldy menegaskan bahwa peran guru tentu sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. “Melalui moment ini, kami satukan langkah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Cilegon, karena guru bukan hanya menyampaikan ilmu pelajaran saja. Lebih jauh dari itu, guru adalah mentor, pemandu, sekaligus teladan bagi siswa siswanya. Maka dari itu, kami telah menaikan honor guru di perbatasan dan gunung gunung di Kota Cilegon untuk memberikan apresiasi lebih kepada guru di Kota Cilegon,” jelasnya.

 

Dalam hal ini, Helldy memberikan apresiasi atas inovasi yang dijalankan Dindikbud Kota Cilegon. “Kami memberikan apresiasi kepada Dindikbud yang telah melakukan inovasi, khususnya dalam membangun pendidikan di Kota Cilegon dalam rangka mempersiapkan generasi Emas 2045,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila menyampaikan bahwa meski peringatan Hardiknas baru bisa digelar, namun tidak akan mengurangi esensi semangat pendidikan di Kota Cilegon. “Kami mohon maaf baru dapat menggelar peringatan Hardiknas pada hari ini. Kita bersama ketahui Hardiknas seyogyanya diperingati pada 2 Mei, semoga dengan ini tidak mengurangi esensi semangat pendidikan,” katanya.

 

Menurut Heni, pendidikan adalah hak setiap anak dan hal yang sangat penting dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. “Maka dari itu, kami membuat sebuah kebijakan dan komitmen terkait dengan Gerakan Sekole Maning Lur (GSML),” tuturnya.

 

Ditegaskan Heni, selain GSML juga diluncurkan program baru Satu Pelajar Satu Rekening dari Dindikbud Kota Cilegon. “Kami jug launching sebuah program baru, yaitu program Satu Pelajar Satu Rekening yang bertujuan membiasakan diri menabung dan mengatur keuangan sejak dini,” tegasnya. (Febby/red)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.