Berita TerkiniGrogol

Lanal Banten ‘Serbu’ Warga Maritim di Situ Rawa Arum Kota Cilegon untuk Vaksinasi

Warga sekitar Situ Rawa Arum, di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, diserbu belasan tentara dari Pangkalan TNI Angkatan Laut atau Lanal Banten, Jumat 22 Oktober 2021. Selain para tentara dari Lanal Banten, terlihat pula sejumlah masyarakat yang tergabung dalam LSM Gapura Banten, ikut serta dalam serbuan di Situ Rawa Arum.

Sementara di Situ Rawa Arum sendiri, terdapat ratusan warga maritim dari sejumlah lingkungan di wilayah Kecamatan Grogol, Kota Cilegon. Terlihat di Situ Rawa Arum yang merupakan lokasi wisata danau di Kota Cilegon, Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Budi Iryanto, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, serta Ketua LSM Gapura Husein Saidan.

Kepada media, Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Budi Iryanto mengatakan, jika pihaknya tengah melaksanakan agenda serbuan vaksinasi maritim kepada masyarakat sekitar Situ Rawa Arum, Kota Cilegon.

Menurut Budi Iryanto, agenda tersebut bukan pertama kalinya dilakukan Lanal Banten, dimana pihaknya menyisir masyarakat maritim untuk divaksinasi. “Ini bukan pertama kalinya kami melakukan agenda serbuan vaksinasi. Di beberapa daerah di Banten, kami sudah melakukan hal sama, khususnya kepada masyarakat maritim,” katanya.

Menurut Budi Iryanto, serbuan vaksinasi terus digalakkan pihaknya kepada masyarakat maritim, dalam rangka menciptakan herd immunity. Dimana melalui herd immunity, potensi penyebaran Covid-19 yang tengah mempandemi sejak 2020 tersebut dapat teratasi.

“Ini merupakan program nasional untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Ketika masyarakat secara global telah divaksinasi, maka penyebaran dapat teratasi,” ujarnya.

Menurut Budi Iryanto, kesadaran masyarakat akan vaksinasi kian hari semakin bagus, ini dilihat dari animo masyarakat ikut serta dalam agenda serbuan vaksinasi.

Untuk itulah, ia optimis jika pandemi Covid-19 di Banten, khususnya di Kota Cilegon dapat teratasi dengan baik, baik di tahun ini maupun di tahun berikutnya. “Tingkat partisipasi masyarakat saya lihat terus meningkat. Ini saya apresiasi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua LSM Gapura Husein Saidan mengatakan, ada ratusan masyarakat maritim yang ikut serta dalam agenda tersebut. Menurut Husein Saidan, vaksinasi untuk ratusan masyarakat maritim saat itu dilaksanakan untuk pertama kali.

“Ini vaksinasi pertama kali, ada sekitar 250 warga yang ikut serta. Insya Allah vaksinasi kedua akan dilaksanakan bulan depan,” ucapnya.

Husein Saidan berterima kasih kepada Lanal Banten atas digelarnya Serbuan Vaksinasi Maritim Kepada Masyarakat Sekitar Situ Rawa Arum, Kota Cilegon.

Menurut Husein Saidan, selain dalam rangka mendorong herd immunity, juga untuk mempromosikan Situ Rawa Arum sebagai destinasi wisata masyarakat Kota Cilegon.

“Saya sangat berterima kasih, baik sebagai warga maupun sebagai Ketua LSM Gapura selaku pengelola Situ Rawa Arum ini,” katanya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button