Berita TerkiniMedia PartnerPendidikan

Keren! 75% Lulusan Politeknik PGRI Banten Bekerja Sebelum diwisuda

POLITEKNIK PGRI BANTEN

Cilegon,LIPUTANCILEGON.COM – Politeknik PGRI Banten menggelar acara wisuda yang ke-7 bertempat di The Royale Krakatau Hotel Cilegon, Rabu, (23/11/2023).

Acara Wisuda ini dibuka langsung oleh Pimpinan Perguruan tinggi Arief Rahman, SE,.MM, pada sambutannya arief mengatakan , wisuda ini merupakan rangkaian penutup dari perjuangan mahasiswa/i Politeknik PGRI Banten didalam menempuh jenjang studi nya. 3 tahun sudah para mahasiswa/i tersebut diasah pengetahuannya, dilatih keterampilanya, ditambah wawasannya sehingga dapat dijadikan modal didalam menembus ketatnya persaingan dunia kerja. Politeknik PGRI Banten sebagai institusi pendidikan vokasi berusaha terus menerus untuk menyelaraskan kompetensi yang di ajarkan kepada mahasiwa/i nya sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Sehingga lulusannya diharapkan memiliki bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/dunia kerja. Ditengah situasi kondisi global yang bergejolak yang di tandai dengan perlambatan ekonomi global, perang yang terjadi di ukraina dan palestina, serta pengetatan suku bunga perbankan dan recovery pasca pandemi seperti sekarang ini kami tetap berkomitmen untuk membantu menyalurkan lulusan Politeknik PGRI Banten ke relasi perusahaan, walau kami akui bahwa tingkat penyerapan belum berjalan sesuai dengan yang kita inginkan tapi kami masih bersyukur bahwa 75% wisudawan yang diwisuda hari ini telah bekerja dan berkarir di dunia kerja. Dan ada 16 orang yang sedang mengikuti proses seleksi dari perusahaan kita doakan semoga mereka lolos semua dan bisa bekerja setelah wisuda ini.

Politeknik PGRI Banten adalah salah satu perguruan tinggi vokasi yang berada di Banten sejak tahun 2003 dengan program Diploma 3 (D3) dan Sarjana Terapan (S1) membuka 6 program studi yaitu Sarjana Terapan Bisnis Digital, Sarjana Terapann  Manajemen SDM, Sarjana Terapan Bisnis dan Manajemen Ritel, D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Elektronika dan D3 Manajemen Informatika dengan kurikulum yang berbasis industri yang sangat cocok dengan karakter Kota Cilegon sebagai Kota Industri.

 

Perlu kami sampaikan juga bahwa pada acara wisuda kali ini akan dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Politeknik PGRI Banten dengan pihak perusahaan dalam hal penyediaan SDM yang berkualitas. Saat diwawancarai, Wakil Direktur 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Polteknik PGRI Banten, Solihin, S.Kom, .M.Kom menyampaikan, wisuda ke 7 tahun 2023 ini Politeknik PGRI Banten meluluskan sebanyak 121 mahasiswa yang terdiri dari tiga prodi yaitu Teknik Mesin( 38 Mahasiswa), Teknik Elektronika (49 Mahasiswa)  dan Manajemen Informatika (34 mahasiswa). Dan 3 mahasiswa terbaik dengan nilai IPK yang terbaik.

 

“Lulusan Politeknik PGRI Banten tahun ini yang sudah bekerja itu sekitar 75%, di wisuda ini ketika sidang senat mereka maju menyebutkan nama, jurusan dan tempat bekerja. Jadi itu ada suatu kebanggaan buat orang tua,” ujar Wadir Polgri Banten Solihin.

 

Politeknik PGRI Banten memiliki jargon “KULIAH DICARI’IN KERJA” sehingga sekitar 75% sudah memiliki pekerjaan setelah mereka lulus. Dalam kesempatan ini juga dilakukan MOU antara Politeknik PGRI Banten dengan 8 Perusahaan/Lembaga antara lain Diantara nya dengan : 1. . Global Indonesia School 2. . Universitas Serang Raya 3. . Politeknik Piksi Input Serang 4. . PT Tiban Inten 5. . PT Krakatau Information Technology 6. . PT Krakatau Sarana Property 7. . PT Swapro Internasional 8. . PT Nusa Talent Indonesia 9. . Trans Studio Mini Cilegon 10…PT Yifang Investment Group

 

Solihin menyampaikan, di wisuda tahun ini Politeknik PGRI Banten mempunyai program potongan diskon 20% untuk para Alumni dan akan memiliki Kartu Alumni, bilamana ada sanak saudara dan kerabatnya yang ingin kuliah di politeknik PGRI Banten.

 

“Jadi Alumni atau peserta wisuda ini kita berikan Kartu Alumni, di Kartu Alumni tersebut ada potongan diskon 20%. Misalkan, adiknya, saudaranya atau tetangganya yang mau kuliah di Politeknik PGRI Banten bisa dapat diskon potongan sampai 20% itu ada di Kartu Alumni itu, jadi yuk daftarkan segera keluarga dan sanak saudara yang ingin berkuliah ke Politeknik PGRI Banten,” ucapnya.

Solihin berpesan aplikasikan ilmu yang sudah saudara peroleh di Politeknik PGRI Banten dimana pun saudara berada, baik itu di dunia kerja, di masyarakat ataupun dalam pergaulan sehari hari saudara saudara sekalian. Jaga nama baik alamamater kalian, bagi wisudawan/ti yang sudah berkarir diperusahaan berikanlah sumbangsih yang terbaik yang kalian miliki, bangun sikap profesionalitas dan kedewasaan. Selain itu miliki semangat pantang meyerah, mau berjuangan dan kerja keras, memiliki visi dan kemampuan beradaptasi yang baik dalam menjawab tantangan masa depan, .teruslah berlajar, tingkatkan kembali kompetensi diri terutama ketrampilan interpersonal, yakni ketrampilan dalam berhubungan dengan orang lain, akan tetapi jangan lupakan kearifan dan budaya lokal, boleh kita memiliki wawasan yang global dan internasional mampu membuat berbagai aplikasi dan kecerdasan artiisial tapi jangan lupakan dari mana kita berasal, ciptakan lah teknology yang humanis sesuai dengan tema wisuda AI & Human Collboration. Kemudian kalau ada kesempatan lanjutkanlah studi saudara/i sekalian sampai S1, S2 atau S3 sekalipun. (disini hadir kawan kawan dari institut global, STIA Banten, UNSERA, FALATEHAN, UNIVAL, yang telah bekerjasama dengan Politeknik PGRI Banten untuk melanjutkan studi ke jenjang sarjana dan magister).

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
https://liputancilegon.com/