Berita Terkini

Kemeriaahan Festival Golok Day Banten Menuju Dunia

Post: 20:56 Sabtu: 24-09-2022

Liputancileon.com | Cilegon – Kemeriahan pagelaran Golok Day dengan mengusung tema “Golok Day Reborn 2022″ untuk melestarikan serta menduniakan seni budaya golok day persatuan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon beserta Himpunan Peguron Persilatan Banten (HPPB) Kota Cilegon menggelar festival golok Day yang bertempat di lapangan KS pada Sabtu. (24/09/2022).

Kegiatan golok day reborn 2022 yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti festival golok, gembrung pendekar, kirab kendaraan kendang pencak silat dan sekaligus pengukuhan Pengurus IPSI Kota Cilegon periode 2019 – 2024. Festival Pencak Silat. Ketua pelaksana Golok day Rufaji menyampaikan.” kepeduliannya untuk melestarikan dan menduniakan Festival Pencak Silat dan Golok Day yang merupakan sebuah ide dan gagasan yang dibangun oleh para pendekar, pelaku dan pegiat seni budaya pencak silat di Kota Cilegon. Festival Golok Day sendiri sudah dimulai sejak tahun 2015, yang rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya. Dengan melibatkan para pendekar serta pegiat Pencak Silat dari seluruh pelosok tanah air,”Ucap Rufaji Zahuri kepada media Liputancileon.com.

Kegiatan rutin tahunan Festival Golok Day yang diselenggarakan oleh IPSI dan HPPB Kota Cilegon sudah dimulai sejak 2015 ini dengan terus mengenalkan salah satu ikon Golok kepada dunia. Dalam acara golok day tersebut, turut dipamerkan beragam jenis golok yang dibuat secara manual oleh para perajin, serta kesenian debus

“Rufaji juga menyampaikan, pelestarian seni dan budaya ini tujuan golok day yaitu menjalani silaturahmi dengan cara mengumpulkan seluruh paguron yang ada di kota cilegon umumnya provinsi Banten supaya kita bersama sama dengan seni dan budaya kita tetap eksis dalam menjalani silaturahmi.” Ucapnya.

“Selain silaturahmi bahwasanya kita harus mengingat sejarah apa yang sudah di lakukan orang tua kita terdahulu dengan persenjataan golok beliau bisa mengusir para penjajah dari tanah Banten dengan menggunakan golok melawan senjata senjata yang modern dan alhamdulilah dengan golok orang tua kita berhasil mengusir penjajah itu.”tegas Rufaji.

“Tim satgas yang memang memantau masing – masing paguran itu plus minusnya itu 3300 untuk seluruh pesilat yang hadir disini dari 158 paguron yang registrasi dan dari paguron yang belum registrasi dari IPSI setelah vakum kurang lebih 3tahun karena covid 19 maka alhamdulilah dengan swadaya dari pada seluruh pengurus IPSI kota Cilegon dan simpatian pada donatur yang cinta dengan budaya sehingga bisa terelasi secara golok day 2022 di stadion Krakatau steel rufajji jahuri sebagai dalam bidang prestasi promosi IPSI kota Cilegon yang kebetulan saya di sebagai ketua pelaksana golok day reborn 2022.” Pungkas ketua pelaksana Golok day Rufaji Zahuri.(*/red).

Pewarta: reza

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
https://liputancilegon.com/