Berita Terkini

Kafilah Cilegon Naik Peringkat,MTQ Tingkat Provinsi Banten

Senin, 31 Juli 2023

CILEGON – Para tokoh agama mengaku bangga terhadap kafilah Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Cilegon yang berusaha maksimal pada perhelatan MTQ XX tingkat Provinsi Banten yang digelar di Kabupaten Tangerang sejak 24 hingga 30 Juli 2023. Sebab, selain mampu menaikkan level menjadi peringkat 6 dari sebelumnya peringkat 8, para kafilah MTQ Kota Cilegon juga merupakan para putra/putri daerah asli Kota Baja.

“Kita tetap akan mempertahankan putra daerah. Apapun hasilnya, kami merasa bangga karena Kafilah MTQ Kota Cilegon semuanya putra daerah asli Cilegon,” kata Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kota Cilegon KH Rois M Sa’i sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Minggu 30 Juli 2023.

Menurut Rois, pihaknya akan mendukung dan mempertahankan putra daerah pada kafilah MTQ agar setiap proses pembinaan dan pendidikan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dapat dirasakan oleh putra/putri asli Kota Cilegon.

“Kita tidak memperkenankan orang luar menjadi Kafilah MTQ Cilegon. Alasannya sederhana, agar pembinaan, peningkatan kapasitas dan anggaran yang dikeluarkan pemerintah bisa dirasakan oleh masyarakat asli Kota Cilegon,” tuturnya.

Dalam hal ini, Rois juga merasa bangga karena Kafilah Kota Cilegon mampu meningkatkan ranking atau peringkat dari sebelumnya.

“Dari sisi ranging kita naik. Hal itu menunjukkan bahwa pembinaan LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) sudah ada kemajuan. Kedepan, kita harus terus melakukan pembinaan, kalau bisa ditambah lagi kegiatannya. Kita harus rajin menggali potensi, meningkatkan penghargaan bagi pembina, dewan hakim dan peserta agar lebih semangat. Selain itu, pemeritah juga harus berani mengikat kafilah yang sudah berhasil dibina, jangan sampai keluar atau diambil daerah lain,” ungkapnya.

Senada dikatakan Tokoh Agama Lainnya KH Romli Marjuki yang mengaku bangga dengan prestasi yang telah diukir Kafilah MTQ Kota Cilegon.

“Kami bangga, apalagi saya terjun langsung (Diacara MTQ Banten-red). Kemarin (Pada acara MTQ-red) juga Kota Cilegon dapat pujian karena kafilahnya putra daerah dan pembimbingnya bagus,” katanya.

Tidak berbeda, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian juga menyampaikan rasa bangganya terhadap perwakilan khafilah Kota Cilegon.

“Saya patut berbangga karena khafilah dari kota Cilegon seluruhnya asli Wong Cilegon. Ketika menang kita bermartabat, ketika kalah kita tetap terhormat. Bagi saya, bisa memberikan prestasi lebih baik dari sebelumnya saja saya sudah sangat bangga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Kota Cilegon Rahmatullah menjelaskan, Kafilah MTQ Kota Cilegon telah berhasil menaikkan ranking dari sebelumnya peringkat 8 menjadi peringkat 6 dengan nilai 71 bersama Kabupaten Lebak.

“Kafilah kita semuanya asli orang Cilegon. Kita akan terus berusaha untuk meningkatkan pembinaan dengan menghadirkan narasumber terbaik,” katanya. (rls-rul/red)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
https://liputancilegon.com/