Berita Terkini

Jalan Panjang Husen Saidan Merawat Situ Rawa Arum Akhirnya Diapresiasi Pemkot Cilegon

Kamis, 17 Agustus 2023

CILEGON – Perjuangan Husein Saidan dalam menjaga dan merawat Situ Rawa Arum yang terletak di wilayah Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol akhirnya diapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Hal itu terlihat ketika dirinya dipanggil ke depan bersama sejumlah warga dan pegawai Pemkot yang juga mendapatkan penghargaan.

Penghargaan diberikan Walikota Cilegon Helldy Agustian pada peringatan HUT RI ke-78 tingkat Kota Cilegon yang digelar di alun-alun, Kamis, 17 Agustus 2023.

Husen Saidan diberikan penghargaan untuk kategori pemerhati lingkungan yang merawat dan menjaga Situ Rawa Arum yang merupakan aset pariwisata Kota Cilegon.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Walikota Cilegon atas penghargaan yang telah diberikan,” terang Husein kepada liputancilegon.com, Kamis, 17 Agustus 2023.

Husein menuturkan, perjuangan dan perjalanan panjang yang ia lakukan tidaklah mudah. Mulai dari menyelamatkan dan membersihkan aset sudah ia lakukan sejak tahun 1993.

Setelah itu, Husein kemudian mulai melakukan perawatan pada tahun 2001. Banyak halangan dan rintangan dalam proses perawatan aset pariwisata milik Kita Cilegon ini.

Meski banyak tantangan dan cobaan, Husein pantang menyerah. Sejumlah pekerjaan dan tahapan ia terus lakukan agar Situ Rawa Arum yang menjadi salah satu destinasi wisata kebanggaan Kota Cilegon itu bisa dijaga dan dirawat sebaik mungkin.

Apa yang Husein lakukan sekian lamanya akhirnya mendapatkan respons positif dari Walikota Cilegon Helldy Agustian. Husein akhirnya diberikan penghargaan atas upayanya tersebut.

Atas penghargaannya tersebut, Husein berharap, Situ Rawa Arum harus menjadi prioritas untuk dijadikan obyek wisata unggulan Kota Cilegon.

“Jika sudah begitu, nanti ke depannya insya Allah bisa mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah)dan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar juga,” harap Husein.

Oleh sebab itu, Husein juga berharap Situ Rawa Arum tersebut bisa dijadikan icon Kota Cilegon. Ini dilakukan agar Situ Rawa Arum dapat dikenang sepanjang masa dan maslahatnya dapat dirasakan oleh masyarakat banyak.

Dengan demikian, kata Husein, selanjutnya nanti Pemkot bisa mengalokasikan anggaran baik untuk perawatan,kebersihan, dan penataannya.

“Selama ini kan, puluhan tahun kami yang keluar kocek (dana) sendiri dari kantong pribadi. Ke depan, sudah saatnya Pemkot terlibat langsung dalam pengelolaan situ ini,” tandasnya.

Yang lebih membahagiakan lagi, jika di awal luas situ ini adalah 4,6 hektar. Namun berkat kemauan yang kuat untuk merawat Situ ini, akhirnya luas situ pun bertambah sekarang menjadi 8,2 hektar . (rul/red)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
https://liputancilegon.com/