GOWES SEHAT, KALAPAS CILEGON SERUKAN JAGA KEBUGARAN DAN KEKOMPAKAN

by

Liputancilegon.com | Cilegon – Sabtu (04/03) pagi, para penghobi sepeda yang seluruhnya merupakan pegawai di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon berkumpul bersama untuk kegiatan gowes atau bersepeda bersama berkeliling kota Cilegon. Kegiatan ini dimotori Kepala Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim.

Kalapas, Enjat Lukmanul Hakim yang juga sejak lama menggemari olahraga bersepeda ini, menjadikan kegiatan gowes bersama karyawan sebagai ajang untuk meningkatkan kebugaran tubuh dalam menjalankan tugas pemasyarakatan. Baginya, bersepeda berkeliling kota di pagi hari tak hanya bermanfaat untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh, tapi juga dapat menjadi ajang mencari inspirasi dalam meningkatkan kualitas diri.

“Tentunya bersepeda di pagi hari bukan hanya kita manfaatkan untuk berolahraga. Dengan bersepeda kita juga sambil menyegarkan pikiran, menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan inspirasi,” ujarnya saat dikonfirmasi sebelum menggowes sepedanya bersama para pegawai.

Gowes yang digelar kali ini menempuh rute sejauh 17 Kilometer. Perjalanan dimulai dari Lapas Cilegon, lalu ke arah Waringin Kurung, diteruskan melintasi jalan di Kecamatan Cibeber, hingga kembali lagi ke Lapas Cilegon dilakukan para penggowes dengan waktu rata-rata 2 jam perjalanan.

Salah satu peserta, yang merupakan pegawai di bagian Administarasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Cilegon, Agus Sukmajaya mengaku senang mengikuti kegiatan gowes bersama karena selama ini memang menekuni hobi bersepeda. ia berharap kegiatan ini rutin dilakukan sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar pegawai

“Seperti yang saya dengar dari pimpinan, gowes bersama akan menjadi agenda rutin dalam program Sabtu Sehat. Menurut saya, kegiatan ini sangat positif sebagai sarana bersosialisasi sesama karyawan di Lapas Cilegon,” jelasnya.

Selain bersepeda, Petugas Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIA Cilegon juga rutin menggelar kegiatan olahraga bersama warga binaannya. Dengan memanfaatkan lapangan yang tersedia, para pegawai dan warga binaan mengakrabkan diri dengan bermain bola bersama.

“Kami sebagai Petugas Pemasyarakatan juga menjadikan olahraga sebagai ajang mengakrabkan diri dengan para warga binaan. Di sore hari, kita sering bermain mini soccer, voli, dan sekarang sudah ada ring basket untuk kita bermain bola basket bersama,” ucap Kepala Subseksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan Lapas Cilegon, Rilo Restu Prambudi saat dikonfirmasi terkait upaya Lapas Cilegon dalam menciptakan minat berolahraga bagi para warga binaan.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi suatu organisasi. Dengan berolahraga bersama akan terjalin keakraban dan kekeluargaan. Serta dapat menghilangkan rasa jenuh dari rutinitas pekerjaan yang dilakukan sepanjang hari.

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.