Berita Terkini

Gelar Bazar Pj Gubernur Banten Al Muktamar Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

Jumat 14 April 2023

Liputancilegon.com/Banten-Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, melalui Bazar Murah Ramadan, Pemerintah Provinsi Banten meningkatkan daya beli masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Harga barang bahan kebutuhan pokok yang ditawarkan lebih murah dari harga pasar.

Hal itu diungkap oleh Al Muktabar saat menghadiri Bazar Murah Ramadan yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten di Halaman Masjid Raya Al Bantani Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Jumat (14/4/2023).

“Ada sekitar 45 vendor barang kebutuhan pokok seperti minyak, gula, daging, cabai, bawang, telur serta dari berbagai vendor lainnya. Dari 45 vendor itu, ada 140 meja dan 14 tenda kerucut semua komoditi,” kata Al Muktabar.

Dijelaskan, Bazar Ramadan ini merupakan ukuran kita untuk melihat stabilitas harga di pasaran dalam kondisi terkendali dengan baik. Jika pun ada lonjakan harga yang cukup tinggi, Pemprov sudah siap melakukan intervensi dengan Operasi Pasar (OP).

“Kita akan terus menjaga antara demand dan supply itu stabil, agar semuanya terjaga dengan baik. Termasuk angka inflasi kita yang sampai saat ini masih berada di urutan 5 besar Nasional yang harus terus kita jaga,” katanya.

Bapak Presiden, lanjutnya, pada saat berkunjung ke Provinsi Banten beberapa waktu lalu juga menekankan stabilitas harga. Beliau juga melihat dan mengecek langsung harga-harga kebutuhan pokok di pasaran.

“Saya laporkan bahwasannya angka inflasi kita cukup terkendali. Memang ada beberapa komoditi yang naik, tapi langsung kita lakukan intervensi baik dari Kabupaten/Kota maupun Provinsi yang terus menggiatkan itu,” jelasnya.

Yang terpenting adalah, lanjut Al Muktabar, Pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat dalam berbagai hal, apalagi menjelang Lebaran seperti ini.

“Sebisa mungkin kita meringankan beban masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disperindag Provinsi Banten Babar Suharso menambahkan, sampai saat ini berdasarkan pantauan yang dilakukannya kepada sejumlah pasar di delapan Kabupaten dan Kota untuk harga kebutuhan pokok masih stabil, tidak ada lonjakan harga dan secara stok juga aman.

“Kita juga terus menggiatkan gerakan pasar murah yang tersebar di delapan daerah,” pungkasnya.

Pada bazar murah ini, diberikan juga paket bantuan sembako kepada 50 warga dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten.

(Dri)

 

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
https://liputancilegon.com/