Berita TerkiniPemerintahan

DPRD Kota Cilegon Godok Tiga Raperda, Sejumlah OPD Bakal Alami Perubahan

DPRD Kota Cilegon hari ini dijadwalkan bakal menggodok tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yakni Kepemudaan, Perangkat Daerah dan Pengelola Keuangan Daerah, Senin 8 November 2021.

Informasi yang berhasil dihimpun, ada sejumlah OPD yang mengalami perubahan apabila Raperda tersebut disahkan oleh DPRD Kota Cilegon.

Sejumlah OPD yang akan digodok melalui Raperda oleh DPRD Kota Cilegon tersebut yakni Disparbud, Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP), serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Disparbud, pada bidang Pariwisata akan menjadi satu ke Dispora sehingga namanya menjadi Disparpora.

Sementara pada bidang kebudayaan akan ke Dindik sehingga namanya menjadi Dindikbud.

Begitupun dengan BKPP yang akan berganti nama menjadi BKPSDM, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia.

Sementara untuk Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, berubah menjadi type B, yang semula menjadi Type A. Bappeda menjadi Bappedalitbang,

Ketua Bapemperda DPRD Cilegon dari Fraksi Nasdem Ahmad Effendi, menargetkan, pihaknya akan mengesahkan tiga raperda tersebut menjadi Perda pada akhir November. Hal itu dilakukan sesuai dengan jadwal dan kebutuhan yang ada.

‘Berdasarkan mekanisme yang ada, tiga Raperda tersebut akan kami sahkan dan targetkan pada akhir November mendatang. Karena sesuai dengan jadwal pada Banmus, saat ini kami melakukan kajian dan nanti akan ada finalisasi,” katanya.

Dia mengatakan, sebelum disahkan ketiga raperda tersebut, akan ada rapat gabungan antara eksekutif dan legislatif, hal itu tidak masalah dan kajian tiga Raperda terus berjalan sebagaimana mestinya.

“Artinya begini, meski salah satu OPD ikut dalam rapat gabungan, akan dilihat dalam pengajuan Rencana Kerja Anggaran (RKA), nanti seperti apa,” ujar Ahmad Effendi

“Jangan sampai juga, nanti saat pengajuan anggaran ditahun 2022, akan dikembalikan, karena SOTK sudah berubah. Nanti akan kami lihat lagi,” sambung Ahmad Effendi.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button