Banten Art Community dan Komunitas Literasi Damar 26 Gelar Pameran

by

CILEGON – Tanggal 2 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai hari pendidikan nasional di seluruh Indonesia. Namun ternyata, pada tanggal tersebut ada hari besar lainnya yang terlupkan, yaitu hari menggambar nasional.

Di Banten, untuk memperingati hari menggambar nasional, para seniman turun tangan untuk ikut memperingatinya. Khususnya seniman gambar atau para Perupa. Para perupa yang tergabung dalam Banten Art Community (BAC) membuat karyanya yang begitu indah dan artistik untuk kemudian dipamerkan.

Pameran karya para perupa Banten tersebut dilakukan di Sekretariat Komunitas Literasi Damar 26 yang beralamat di Lingkungan Duku Malang, Kelurahan Tegal Bunder, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon.

Salah satu perupa BAC Indera Kesuma mengatakan, memang benar kegiatan tersebut digelar untuk memperingati hari menggambar nasional.

“Namun karya yang dipamerkan adalah karya dengan tema Manual,” kata Indera kepada semestabanten.com, Kamis, 25 Mei 2023.

Indera menjelaskan, yang dimaksud tema Manual tersebut adalah, sebuah karya yang menggunakan tangan dalam proses pembuatannya.

“Kenapa harus tangan. Karena sekarang di zaman teknologi, semua hampir bisa digantikan dengan teknologi. Namun melalui even ini kita ingin menunjukkan bahwa karya yang dibuat dengan tangan itu sangat spesial dan lebih indah daripada karya yang dibuat dengan mesin teknologi,” papar Indera.

Indera menyebutkan adapun para perupa yang terlibat karyanya dalam pameran tersebut selain dirinya sendiri diantaranya, yaitu Idy, Fadhlil,Anto,Haris, Asrofiyah, Yayan Nugraha, Irfan Slam, Rohman, dan Wisnu.

“Kegiatan ini berlangsung dari 21 Mei 2023 sampai 3 Juni 2023,” ujar Indera.

Sementara Ketua Ayatullah Komunitas Literasi Damar 26 menambahkan, pameran tersebut digelar di tempat dan komunitas yang dipimpinnya itu dikarenakan lebih saling mendukung saja.

“Kita dengan BAC kan sudah kenal lama. Apalagi kang Indera sering mengajarkan menggambar atau melukis itu di sini setiap hari Minggu secara sukarela,” tambah Ayatullah.

Ayatullah berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, para pengunjung yang datang bisa tergugah dan sekaligus merasa teredukasi melalui karya yang dipamerkan.

“Kegiatan pameran karya ini alhamdulillah bisa digelar secara swadaya tanpa adanya sponsor. Dan semoga lancar sampai akhir,” tandasnya. (rul/red)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.