Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Banten mengadakan Pelatihan bela negara bagi Ormas dalam rangka penguatan ideologi kebanggaan dan wawasan kebangsaan

by

Serang, LiputanCilegon.com -|Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Banten mengadakan Pelatihan bela negara bagi Ormas dalam rangka penguatan ideologi kebanggaan dan wawasan kebangsaan angkatan 1, bertempat di Saung Ririungan Serang, Jl. KH.Sulaeman No.32A, Kagungan, Kec. Serang, Kota Serang, Kamis (27/06/2024).

 

Kepala Bidang Ketahanan Sosial dan Ekonomi Badan Kesbangpol Provinsi Banten, Dira Rizki Amalia, SE, Ak, dalam sambutannya mengatakan, diselenggarakannya kegiatan ini adalah upaya pemerintah provinsi dalam membangun kebersamaan dengan ormas sekaligus mewujudkan provinsi Banten yang maju, mandiri, sejahtera serta melandaskan iman dan taqwa.

 

“Sinergitas pemerintah provinsi Banten bersama pengurus ormas selama ini telah terjalin dengan baik. Oleh sebab itu, kami mengapresiasi peran ormas dalam mewujudkan ketertiban dan kemajuan di provinsi Banten. Terbukti hingga saat ini provinsi Banten selalu kondusif tidak ada konflik sosial yang terjadi,” kata Dira Rizki Amalia.

 

Dira mengatakan, hal tersebut mencerminkan bahwa organisasi kemasyarakatan di Banten dan kabupaten, kota menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

 

“Agar ormas bisa menempatkan diri sebagai contoh yang dapat berkontribusi dalam pembangunan serta menjunjung tinggi keberagaman sesuai undang-undang dasar 1945 dan Pancasila. Semoga banyak ormas yang dapat berfungsi menjadi dan tidak mengikuti politik Praktik,” ucap Dira.

 

Selain itu, Dira juga mengutarakan, terbentuknya ormas dalam kehidupan kita adalah wujud terjaminnya hak asasi manusia atas kebebasan berkumpul dan berserikat yang di atur dalam undang-undang dasar 1945 pasal 28 e ayat 3 yang berbunyi setiap orang berhak atas kebebasan berserikat berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

 

“Beberapa dasar dibentuknya ormas, antara lain sebagai wadah partisipasi dan pemberdayaan masyarakat memberikan pelayanan serta memelihara norma hingga budaya dalam situasi wilayah. Ormas juga berperan sebagai penyalur kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan minat para anggota nya dalam operasionalnya ormas akan mempengaruhi anggotanya melalui pembinaan dan program-program yang di usulkan. Melihat berbagai tujuan dan peran strategis yang dimiliki ormas, maka ormas menjadi salah satu mitra ideal pemerintah dalam pembangunan daerah,” ujar Dira.

 

“Kami harapkan ormas kembali kepada tujuan ormas sebagai peran atas sosial dan dapat menjadi mitra pemerintah dalam visi pembangunan daerah dan dapat mengimplementasikan bagaimana cara merawat kebhinekaan dan mempelajari hal-hal bernilai positif dan sekitarnya ormas yang ada dapat saling bertukar pendapat sehingga pembangunan di provinsi Banten,” sambung Dira.

 

Lebih lanjut, Dira menyampaikan, mengacu pada undang-undang 2012 tentang ormas memiliki kewajiban untuk menjaga keutuhan NKRI dan memiliki Ad/Art yang sesuai dalam ideologi bangsa yang berpancasila. Ormas harus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk turut mempertahankan persatuan ini.

 

“Oleh karena itu, kegiatan seperti ini bagian dari upaya penguatan ideologi dan wawasan kebangsaan bagi para pengurus ormas,” tutur Dira.

 

“Harapannya semua mengikuti kegiatan singkat ini teman-teman dapat meneruskan wawasan dan pendapat pada anggota ormas nya sehingga manfaat kegiatan ini dapat menjangkau lebih banyak orang,” tutup Dira.( Febby/red)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.