Berita TerkiniPemerintahan

2 Daerah di Banten PPKM Level 1

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM Jawa Bali hingga 15 November 2021 dan menetapkan dua (2) daerah di Banten berstatus PPKM Level 1.

Penetapan 2 daerah di Banten berstatus PPKM Level 1 tersebut berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri atau Inmendagri Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam Inmendagri Nomor 57 Tahun 2021 tersebut, Pemerintah menetapkan 2 daerah di Banten berstatus PPKM Level 1.

Daerah di Banten yang diterapkan PPKM Level 1 yakni Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

Kemudian, daerah di Banten yang berstatus PPKM Level 2 yakni Kota Tangsel (Tangerang Selatan).

Selanjutnya, daerah di Banten yang berstatus PPKM Level 3 yaitu Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kota Serang.

Dalam Inmendagri Nomor 57 Tahun 2021 tersebut dijelaskan bahwa Presiden Republik Indonesia menginstruksikan agar melaksanakan PPKM Level 3 hingga PPKM Level 1 di wilayah Jawa dan Bali, sesuai dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen.

Penetapan level wilayah sebagaimana dimaksud berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Kemudian, indikator capaian total vaksinasi dosis 1 (satu) dan vaksinasi dosis 1 (satu) lanjut usia di atas 60 (enam puluh) tahun dari target vaksinasi dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penurunan level Kabupaten/Kota dari level 3 (tiga) menjadi level 2 (dua), dengan capaian total vaksinasi dosis 1 (satu) minimal sebesar 50% (lima puluh persen) dan capaian vaksinasi dosis 1 (satu) lanjut usia di atas 60 (enam puluh) tahun minimal sebesar 40% (empat puluh persen).
  2. Penurunan level Kabupaten/Kota dari level 2 (dua) menjadi level 1 (satu), dengan capaian total vaksinasi dosis 1 (satu) minimal sebesar 70% (tujuh puluh persen) dan capaian vaksinasi dosis 1 (satu) lanjut usia di atas 60 (enam puluh) tahun minimal sebesar 60% (enam puluh persen).

Selain itu, dilakukan juga penyesuaian di wilayah aglomerasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung Raya, Semarang Raya, Solo Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, Surabaya Raya, Malang Raya serta Bali.

Demikian informasi penerapan PPKM Level 1 hingga PPKM Level 3 yang diberlakukan di 8 daerah di Banten.***

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button